Jumat, 11 Februari 2011

Anak-anak sekarang, dewasa bukan pada waktunya
MASA kanak-kanak merupakan masa paling indah, menyenangkan, penuh hiburan, kadang suka dimarahin oarangtua karena nakal. Kenangan yang tak terlupakan ketika waktu duduk di sekolah dasar, saat gotong royong disekolah, saat ikut lomba 17-an dikecamatan, saat mengaji di TPA/Pasantren, ikut lomba saat ramadhan, dan lain sebagainya, penuh kenangan manis yang tak terlupakan.
Era tahun 90-an merupakan masa asyik buat anak-anak Indonesia, era dimana penyayi cilik banyak tampil ditelevisi, lucu dan ngegemesin  dengan pola tingkah mereka dalam bernyayi. Mungkin yang pernah kecil pada masa itu pasti tahu grup trio kwek kwek, yang judulnya kalau ngak salah “Tanteku”, “Rame-rame”. Dan yang paling saya suka pada masa itu yaitu si imut dan lucu Melisa dengan lagunya “Tukang bakso” bahkan saya hapal lagu itu sampai akhir, begitulah kehebatan lagu anak-anak yang menginspirasi anak Indonesia untuk tumbuh menjadi anak terdidik dan penuh dengan pesan moral yang disampaikan dalam lagu itu.
Apakah akhir 90-an masa akhir penyayi cilik, merekalah yang saya ingat terakhir bernyayi sherina, tasya, cindi cenora yang sukses menjadi penyanyi cilik. Pertanyaan sekarang apakah lagu-lagu anak-anak sekarang  kurang laku atau tidak produktif lagi untuk dijual. Sungguh sayang adik-adikku yang lahir diabad millennium ini, dewasa bukan pada waktunya, lagu-lagu ST12, Wali, Nidji, dll yang notabanenya lagu-lagu yang bernuansa cinta, putus cinta yang banyak diminati mereka. Yang membuat miris lagi lagu keong racunpun menjadi lagu favorit mereka, kita tahu sendiri liriknya tidak mencerminkan nilai kesopanan sedikitpun.
Idola cilik, Indonesia mencari bakat hanya mencari keuntungan dari anak-anak  dan tidak lebihnya seperti mengekpoitasi anak. Debo, Patton dan kawan-kawan boleh bangga mereka menjadi super star diatas panggung, orangtua mana yang tidak bangga dengan anak-anak mereka yang bergaya diatas panggung, para orangtua sekarang lebih bangga pada anak-anaknya yang bergaya dan bernyayi yang lagunya tidak sesuai dengan usia mereka, bukannya dulu orangtua kita lebih bangga ketika anaknya tampil dalam lomba baca alquran, lomba hapal alquran saat ramadhan tiba..tapi sekarang…
Dewasa bukan pada waktunya, anak 5 tahunan hapal lagunya C I N T A, menggelitik parang orangtua mendengarkannya, “Anak aku pintar.., coba nyanyi keong racun donk sayang”.. Nauzubillah

                                                                                                                                   WARTAWARGA
                                                                                                                           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar